Sabtu, 28 Februari 2009

Danau Talang yang Mempesona



Ternyata, selain Danau Kembar dan Danau Singkarak yang sudah populer, Kabupaten Solok masih memiliki danau lain yaitu Danau Talang. Danau ini memiliki daya tarik tersendiri untuk dinikmati terutama suasana dan keindahan yang dimilikinya
Danau yang berada di Kenagarian Kampuang Batu Dalam, Kecamatan Danau Kembar itu terlihat anggun dipandang mata. Dengan dikelilingi oleh rangkaian bukit-bukit dari Gunung Talang seakan menyuguhkan panorama alam yang sangat indah. Sayangnya, belum begitu banyak pengunjung yang bisa menikmatinya. Masih bnayak masyarakat yang belum mengenal Danau Talang.

Adri, 47 th, salah seorang warga Jorong Aia Tawar, Kenagarian Kampuang Batu Dalam, dalam kehidupan sehari-harinya selalu memanfaatkan danau ini. Setiap hari ketika hendak ke ladang, yang terletak di seberang danau, ia jelas melalui danu Talang. Tak jarang pula dalam waktu senggangnya, Aldi mencari ikan di danau itu.

“Saya suka mencari ikan di sini. Ikannya besar-besar. Dengan menggunakan sampan, saya betah berlama-lama berada disini. Danau ini merupakan jalan satu-satunya menuju keladang saya,” ucap Aldi kepada padangmedia.com.

Sambil pergi keladang, kata Aldi, ia juga menyempatkan diri untuk memancing ikan. Kadang ia bisa dapat ikan sebanyak 4 kilo. “Lumayanlah buat makan sekeluarga”, jelasnya

Adri mengakui jarang sekali orang berkunjung ke danau ini. Kalaupun ada, jumlahnya bisa dihitung jari. Padahal pemandangannya cukup bagus dan mempesona. Menurut Adri, pengunjung danau tampak lebih banyak pada hari-hari besar, tahun baru dan semacamnya. Itupun tidak akan berlangsung lama. “Kalau mereka datang siang, sorenya kembali pulang. Lebih banyak anak mudanya dibandingkan orang yang datang dengan keluarga,” tambahnya.

Masih sedikitnya pengunjung yang datang ke Danau Talang, pikir Adri, karena disebabkan akses kelokasi danau itu sangat sulit, disamping jalan yang tersedia baru berupa jalan tanah, jaraknya dari jalan raya Bukit Sileh-Alahan Panjang juga mencapai 3 kilometer. “Selain jauh, jalannya juga banyak tanjakan. Maklun saja, tempatnya berada di pinggang Gunung Talang,” katanya.

Adri berharap kepada Pemerintah agar jalan menuju ke lokasi danau itu bisa diperbaiki, agar masyarakat baik yang akan pergi berladang maupun untuk berekreasi dapat lancar sampai kelokasi. (gar)

copy by padangmedia.com

Info untuk kenyamanan perjalanan wisata anda.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar